2 Manfaat Utama Usus Halus Untuk Mencerna Dan Menyerap Sari Makanan

Selain untuk mengenyangkan tujuan kita mengonsumsi masakan yakni untuk mendapat nutrisi dari masakan tersebut sehingga sanggup dimanfaatkan untuk menjalankan banyak sekali fungsi badan menyerupai sumber energi, pertumbuhan, dan lain sebagainya.

Untuk itu usus halus pada sistem pencernaan berperan penting dalam mencerna dan menyerap nutrisi dari masakan yang kita konsumsi. Diantara organ-organ yang termasuk dalam sistem pencernaan usus halus merupakan organ yang berperan besar dalam menyerap nutrisi dari makanan. Organ inilah yang mencerna masakan sampai menjadi nutrisi yang sanggup diserap dan kemudian menyerapnya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Makanan yang kita makan melalui serangkaian proses sampai menjadi nutrisi yang mempunyai kegunaan bagi tubuh. Mulai dari masakan masuk ke verbal dan dikunyah oleh gigi serta campur tangan air ludah, masakan sudah melalui proses penghancuran dan pelumatan. Kemudian masuk ke lambung dimana masakan disimpan dan dicerna dengan pinjaman asam lambung sampai menjadi lebih halus dan lembut.

Barulah kemudian dioper ke usus halus untuk dicerna lebih halus lagi menjadi nutrisi yang siap diserap oleh tubuh. Dan sisa masakan yang tidak terserap masuk ke usus besar untuk diproses lebih lanjut menjadi feses.

Usus halus yang mempunyai panjang lebih dari 6 meter terdiri dari 3 bab utama yaitu usus duabelasjari atau duodenum, usus kosong atau jejenum, serta usus penyerapan. Ketiga bab ini berperan penting dan mempunyai manfaat dalam mencerna dan menyerap makanan. Lalu apa saja peranan atau manfaat usus halus dalam sistem pencernaan? Berikut beberapa diantaranya:

1. Mencerna masakan menjadi nutrisi yang sanggup diserap oleh tubuh

Manfaat Utama Usus Halus Untuk Mencerna Dan Menyerap Sari Makanan
Manfaat Utama Usus Halus Untuk Mencerna Dan Menyerap Sari Makanan

Setelah masakan dicerna di lambung pertama kali ia akan memasuki usus duabelasjari. Di sini masakan akan mengalami proses pencernaan lebih lanjut dimana usus terhubung dengan akses empedu dan pankreas yang menyalurkan cairan empedu dan banyak sekali enzim ke usus halus.

Baik cairan empedu maupun enzim-enzim ini bermanfaat untuk mencerna nutrisi menyerupai manfaat lemak, manfaat protein, dan manfaat karbohidrat menjadi bentuk yang lebih sederhana sehingga sanggup diserap oleh tubuh.

Kemudian masuk ke usus kosong atau jejenum dimana proses pencernaan lebih lanjut masih berlangsung. Usus halus menghasilkan banyak sekali jenis enzim pula untuk mencerna nutrisi masakan sampai menjadi bentuk yang sederhana dan sanggup diserap oleh tubuh.

2. Menyerap nutrisi

Setelah masakan dicerna dan dipecah menjadi nutrisi atau zat yang sanggup diserap oleh badan selanjutnya zat-zat masakan tersebut masuk ke usus halus bab penyerapaan. Sesuai namanya di sini zat-zat tersebut akan diserap oleh badan untuk dimanfaatkan sesuai dengan fungsinya. Pada bab absorpsi ini usus halus berbentuk lipatan-lipatan atau jonjot-jonjot atau disebut juga vili.

Bentuknya yang berupa lipatan-lipatan ini bertujuan biar permukaan usus semakin luas sehingga sanggup lebih banyak dan cepat menyerap nutrisi. Selain itu ada juga beberapa manfaat villi pada usus halus yang tidak kalah penting untuk kelancaran pencernaan.

Dengan peranan atau manfaat usus halus tersebut banyak sekali nutrisi dari masakan yang kita makan sanggup diserap dengan baik dan bermanfaat bagi tubuh.

Meskipun demikian tetap ada sejumlah masakan yang terkadang tidak sanggup dicerna dan diserap oleh usus halus yang kemudian masuk ke manfaat usus besar untuk diproses lebih lanjut dan dibuang dalam bentuk feses. Mengingat pentingnya manfaat usus halus dalam sistem pencernaan sudah selayaknya kita menjaga kesehatan pencernaan beserta organ-organ pendukungnya dengan rajin mengonsumsi air putih serta makan masakan sehat dan kaya serat.

About the Author: Karina

You May Also Like