3 Cara Menyenangkan Atasi Bau Mulut

Kesehatan gigi merupakan salah satu kebutuhan utama setiap orang terutama untuk menumbuhkan rasa percaya diri dalam bersosialisasi. Untuk itu, jika akhir-akhir ini Anda memiliki masalah pada mulut dan gigi, ada baiknya Anda segera memeriksakan kesehatan mulut dan gigi Anda di dental clinic Jakarta terpercaya atau klinik perawatan gigi sesegera mungkin. Selain agar masalah gigi dapat segera teratasi, tentu juga agar masalah pada gigi tidak terlalu menyebar dan menyebabkan kerusakan yang makin parah. Karena jika menyangkut soal kesehatan gigi, sekali rusak akan sulit untuk diobati, bukan.

Atasi Bau Mulut
Atasi Bau Mulut

Namun berbeda jika masalah pada mulut Anda dikarenakan bau mulut yang mengganggu. Walau Anda tetap dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi, ada baiknya Anda memulai beberapa kebiasaan yang dianjurkan di bawah ini dalam kegiatan sehari-hari. Berikut cara-cara menyenangkan yang dapat Anda andalkan untuk mengurangi bau pada mulut. Yuk, simak ulasannya!

1. Kunyah permen karet

Tidak semua permen buruk untuk kesehatan gigi, mengkonsumsi permen karet dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan justru baik dan dianjurkan untuk mengurangi bau mulut. Cara ini terbilang cukup berhasil mengatasi bau pada mulut dalam seketika. Sehingga, jika Anda menghadapi situasi di mana mengharuskan Anda berkomunikasi dengan lawan bicara dalam jarak yang dekat, mengkonsumsi permen karet bisa menjadi penyelamat. Pilihlah permen karet yang mengandung aroma mint yang harum serta xylitol yang memberi efek segar pada mulut. Agar tidak menambah masalah, ada baiknya juga Anda memilih permen karet yang sedikit mengandung gula atau bahkan tidak mengandung gula sama sekali. Mulut pun segar seketika dan kesehatannya terus terjaga.

2. Konsumsi buah jeruk

Mengkonsumsi buah-buahan segar sudah pasti memberikan efek menyenangkan pada rongga mulut Anda. Sebetulnya banyak varian buah yang bisa Anda konsumsi untuk mengurangi bau mulut namun buah-buahan jenis citrus seperti jeruk memberikan efek segar yang lebih cepat. Selain itu, rasa asam pada buah jeruk akan membuat mulut Anda memproduksi lebih banyak air liur, yang secara alami akan membasahi mulut dan kerongkongan yang kering. Dengan begitu,  dapat membantu menghilangkan bau mulut seketika. Selain buah jeruk dan lemon, Anda juga bisa mengkonsumsi sedikit peterseli atau meminum yogurt yang tidak mengandung perasa buatan sebagai alternatif.

3. Minum banyak air putih

Kebiasaan paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir bau mulut adalah dengan rajin meminum air putih. Air putih akan membantu menjaga kelembapan rongga mulut secara keseluruhan sekaligus membilas bakteri yang mungkin bersarang. Selain itu, dianjurkan juga berkumur dengan air putih sebelum dan setelah makan untuk membersihkan bakteri dan sisa makanan yang terselip di sela gigi yang bisa menyebabkan mulut memiliki bau tak sedap.

Selain langkah di atas, perlu dipahami bahwa penyebab bau mulut sangat beragam. Jika dalam keadaan terdesak tentu sangat baik menerapkan dan membiasakan diri dengan beberapa langkah yang sudah disebutkan, namun akan lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan dokter gigi untuk menemukan akar permasalahan. Sederhananya jika akar permasalahan diatasi tentu bau pada mulut dapat hilang dengan sendirinya. Beberapa masalah pada gigi yang mungkin saja terjadi diantaranya, karena kebiasaan merokok, menderita sinusitis, adanya gangguan pada saluran pernapasan dan pencernaan atau terdapatnya masalah pada gigi seperti gigi berlubang atau karang gigi. Selalu pastikan juga Anda rutin menggosok gigi dengan cara yang baik dan benar, mengganti sikat gigi 6 bulan sekali dan rutin memeriksakan kesehatan gigi ke dokter.

About the Author: Karina

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *