4 Manfaat Usus Besar Dalam Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan merupakan suatu sistem yang terdiri dari sekumpulan organ yang bekerja sama mulai dari kuliner masuk dan dikunyah di dalam mulut, masuk ke kerongkongan, diproses di dalam lambung dan usus, sampai berakhir dalam bentuk feses di anus. Kelancaran sistem pencernaan penting artinya bagi kesehatan tubuh, kalau ada salah satu organ yang bermasalah maka akan menjadikan gangguan kesehatan.

Misalnya ketika ekspresi mengalami sariawan maka kita akan sulit mengunyah dan menelan kuliner atau dikala lambung memproduksi asam lambung berlebihan maka ulu hati akan terasa nyeri dan timbul rasa mual.

Setiap organ dari sistem pencernaan mempunyai fungsi atau manfaat masing-masing. Seperti usus besar yang akan kita bahas keuntungannya kali ini. Usus besar merupakan organ terakhir kawasan persinggahan kuliner sebelum dikeluarkan lewat anus.

Di sinilah sisa kuliner dipersiapkan menjadi feses untuk kemudian dibuang. Usus besar pada insan terdiri dari 6 kepingan yaitu sekum atau usus buntu, kolon asenden atau kolon menanjak, kolon transversum atau kolon melintang, kolon desenden atau kolon menurun, kolon sigmoid, serta rektum. Lalu apa saja manfaat usus besar dalam sistem pencernaan? Berikut beberapa diantaranya:

1. Menyerap air dari sisa makanan

Manfaat usus besar yang utama ialah menyerap air dari sisa kuliner yang masuk ke usus besar. Meskipun kuliner telah dicerna dan diserap oleh usus halus namun ada sisa kuliner yang tidak terserap dan kemudian masuk ke usus besar.

Di sinilah sisa kuliner tersebut diserap kandungan airnya dan kemudian dipersiapkan untuk menjadi feses yang akan dikeluarkan nantinya lewat anus.

2. Menyerap vitamin yang tidak terserap oleh usus halus

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa tidak semua kuliner sanggup dicerna oleh usus halus. Makanan-makanan ini ketika masuk ke usus besar akan dicerna dan diserap kembali oleh usus besar dengan proteksi bakteri-bakteri baik di dalam usus besar.

Ya, tidak semua kuman merugikan kesehatan, ada kuman baik dan bermanfaat menyerupai manfaat L casei shirota strain hidup. Ketika bakteri-bakteri baik ini sedang bekerja mencerna dan memecah gula maka badan kita akan mengeluarkan angin atau yang lazim disebut kentut. Oleh alasannya itu jangan remehkan kentut, masih ada beberapa manfaat kentut lainnya yang sanggup anda dapatkan.’

3. Menstabilkan kadar keasaman pada perut dan me

Manfaat Usus Besar Dalam Sistem Pencernaan
Manfaat Usus Besar Dalam Sistem Pencernaan

ncegah infeksi

Manfaat usus besar lainnya yang juga sangat baik untuk kesehatan badan ialah untuk menjaga kestabilan kadar asam dan mencegah timbulnya bisul pada organ pencernaan.

Bakteri pada usus besar sanggup memproduksi asam yang mengakibatkan kadar keasaman kuliner meningkat. Sebagai penyeimbangnya usus besar juga memproduksi alkali sehingga kadar keasaman perut tetap stabil dan terjaga. Selain itu usus besar juga mempunyai lapisan mukosa yang membantu memerangi bakteri-bakteri jahat yang masuk ke usus besar sehingga mencegah timbulnya bisul akhir kuman jahat tersebut.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sekum atau usus buntu merupakan kepingan dari usus besar yang memproduksi zat yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini tentu sangat baik bagi pertahanan badan supaya tidak gampang terinfeksi virus atau kuman penyebab penyakit. Meskipun demikian anda tetap memerlukan asupan kuliner yang bernutrisi menyerupai manfaat pace, manfaat buah cupuacu, dan manfaat madu untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Itulah diantara manfaat usus besar dalam sistem pencernaan yang sangat bermanfaat dan memegang peranan penting supaya kuliner sanggup terserap tepat dan sisanya sanggup dibuang dengan lancar.

Oleh alasannya itu mari kita jaga organ-organ pada sistem pencernaan supaya selalu sehat dan sanggup bekerja dengan baik.

About the Author: Karina

You May Also Like