5 Manfaat Olahraga Adaptif Bagi Orang Yang Mempunyai Keterbatasan Fisik

Olahraga merupakan acara olah badan yang sangat dianjurkan alasannya tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik namun manfaat olahraga juga memberi efek konkret bagi kesehatan mental bahkan relasi sosial. Dengan berolahraga seluruh bab badan akan bergerak dan berlatih sehingga kesehatan badan terpelihara serta terhindar dari kekakuan.

Anda tentu tidak ingin di usia yang masih muda mengalami penyakit-penyakit yang identik dengan ‘orangtua’ menyerupai sakit pinggang hanya alasannya malas berolahraga. Selain menyehatkan olahraga juga sanggup menjaga bobot badan tetap ideal serta menghindarkan dari banyak sekali penyakit berbahaya menyerupai obesitas, hipertensi, serangan jantung, dan lain sebagainya.

Manfaat olahraga untuk psikis juga tidak kalah penting dimana sanggup mengakibatkan rasa bahagia, senang, dan mengakibatkan semangat gres bagi pelakunya. Jika tidak percaya coba saja berolahraga ringan menyerupai jogging sekitar setengah jam di pagi hari.

Dijamin semangat anda akan bangun dan perasaan anda lebih senang. Karena memang acara olahraga sanggup menciptakan otak melepaskan hormon endorfin yang merupakan hormon yang bertanggung jawab untuk menciptakan perasaan senang dan nyaman. Ditambah lagi acara ini sanggup meningkatkan relasi sosial terutama jikalau dilakukan bahu-membahu sehingga memperluas pergaulan.

Namun tidak semua orang beruntung mempunyai fisik tepat sehingga sanggup melaksanakan banyak sekali jenis olahraga dengan baik. Ada orang-orang dengan kekurangan fisik tertentu yang menjadikan ia tidak bisa melaksanakan olahraga menyerupai orang biasa pada umumnya.

 Agar orang-orang ini sanggup melaksanakan banyak sekali jenis olahraga dengan baik dan kondusif tanpa melukai atau menyakiti dirinya maka timbullah istilah olahraga adapatif. Sesuai namanya acara olaharaga adaptif merupakan acara olahraga yang diubahsuaikan dengan kondisi fisik seseorang sehingga orang tersebut bisa atau berkesempatan berolahraga bahkan meningkatkan atau memperbaiki kondisi fisiknya.

Manfaat Olahraga Adaptif Bagi Orang Yang Mempunyai Keterbatasan Fisik
Manfaat Olahraga Adaptif Bagi Orang Yang Mempunyai Keterbatasan Fisik

Misalnya orang yang mempunyai cacat pada kaki. Orang ini tentu mengalami kesulitan dikala akan melaksanakan acara olahraga menyerupai basket, sepak bola, atau badminton layaknya orang biasa. Agar ia sanggup tetap berolahraga dan meningkatkan fungsi tubuhnya maka kegiatan-kegiatan olahraga tersebut sanggup dimodifiksi dengan cara memodifikasi hukum main, akomodasi atau peralatan olahraga, teknik pelaksanaan, dan lain sebagainya sesuai dengan kondisi fisiknya. Inilah yang dimaksud dengan olahraga adaptif.

Istilah olahraga adaptif cenderung dipakai dalam dunia pendidikan khususnya pendidikan olahraga. Seperti yang diketahui pendidikan olahraga merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di tiap jenjang pendidikan mulai dari dasar sampai menengah atas yang mencakup seluruh acara olah badan menyerupai baris-berbaris, berlari, berenang, basket, sepak bola, senam, dan lain sebagainya. Ini bertujuan untuk memberi pendidikan bagaimana mengolah atau melatih fisik dengan benar sehingga fisik menjadi sehat dan terlatih.

Timbul hambatan dikala di sekolah tersebut ada ABK (Anak Berkebutuhan Khusus)yang mempunyai keterbatasan fisik sehingga ia tidak sanggup melaksanakan acara olahraga dengan baik bahkan berpotensi menyakiti dirinya.

Untuk itu lahirlah konsep olahraga adaptif yaitu acara olahraga yang dimodifikasi sedemikian rupa semoga orang yang mempunyai keterbatasan fisik tetap sanggup berolahraga. Olahraga ini tentu memberi banyak manfaat terutama bagi orang yang mempunyai keterbatasan atau kekurangan fisik. Berikut beberapa manfaat olahraga adaptif bagi orang yang mempunyai keterbatasan fisik:

1. Melatih dan meningkatkan perkembangan tubuh

Dengan adanya olahraga adaptif membantu dan memberi kesempatan kepada orang yang mempunyai keterbatasan fisik untuk melatih anggota tubuhnya sehingga sanggup mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang baik menyerupai atau mendekati perkembangan badan orang biasa.

Ya, meskipun fungsi anggota tubuhnya mempunyai keterbatasan bukan berarti harus dibiarkan saja, harus tetap dilatih dengan kondusif tentunya semoga sanggup berkembang dengan baik. Dengan ini mereka sanggup memetik banyak sekali manfaat olahraga meskipun mempunyai keterbatasan fisik.

2. Meningkatkan keterampilan gerak

Olahraga adapatif juga sanggup membantu orang dengan keterbatasan fisik untuk melatih anggota badan atau anggota geraknya sehingga tidak kaku dan menjadi lebih terampil. Bahkan orang-orang menyerupai ini harus rajin berlatih dan bergerak sehingga kondisi tubuhnya lebih baik.

3. Membantu dan mengoreksi kelainan fisik

Manfaat olahraga adapatif yang tidak kalah penting yakni juga sanggup membantu dan mengoreksi kelainan fisik yang dimilikinya seseorang. Ya, dengan gerakan olahraga yang benar dan tepat sanggup membantu memperbaiki kekurangan fisik seseoran secara bertahap. Dengan olahraga adaptif diperlukan seseorang sanggup menjaga kondisi fisiknya dari hal-hal yang bisa berakibat jelek pada kesehatannya.

4. Mengembangkan dan meningkatkan kemampuan fisik

Olahraga adaptif cenderung lebih berfokus pada acara olah badan yang sifatnya progresif yang terus-menerus berkembang sehingga sanggup meningkatkan kemampuan fisik seseorang terutama yang mempunyai keterbatasan fisik. Hal ini membuka kesempatan bagi orang yang mempunyai keterbatasn fisik untuk meningkatkan kemampuan fisiknya menjadi lebih baik.

5. Meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri

Dengan olahraga adaptif ini juga membuka kesempatan semua orang untuk berolahraga bahu-membahu sehingga sanggup membantu meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri terutama pada orang dengan keterbatasan fisik. Karena ada banyak manfaat mempunyai harga diri untuk kepercayaan diri seseorang. Mereka tidak perlu lagi merasa minder dan rendah diri alasannya sekarang sanggup melaksanakan banyak sekali acara olahraga menyerupai orang biasa meskipun dengan beberapa modifikasi atau penyesuaian.

Itulah diantara manfaat olahraga adaptif yang luar biasa. Begitu banyak dan besar manfaat olahraga adaptif yang bisa dirasakan oleh orang dengan keterbatasan fisik. Tidak hanya dari segi kesehatan fisik namun juga berdampak konkret bagi mental mereka sehingga tidak lagi merasa minder dan rendah diri alasannya kekurangan fisik yang dimilikinya.

About the Author: Karina

You May Also Like