Cara Memilih Tabir Surya yang Tepat Sesuai Jenis Kulit Wajah

Hidup di negara tropis membuat anda harus memiliki tabir surya yang digunakan untuk sehari-hari. Tabir surya akan melindungi kulit dari paparan UVA dan UVB yang dapat merusak kulit, mengakibatkan penuaan dini, menimbulkan flek hitam, keriput, dan kulit terbakar. Maka dari itu penggunaan tabir surya di siang hari sangatlah penting apalagi yang beraktivitas di luar ruangan.

Tabir Surya
Tabir Surya

Memilih Tabir Surya yang Tepat

Anda bisa memilih tabir surya dengan kandungan SPF 15, SPF 30 atau lebih yaitu SPF 50 dengan perlindungan yang lebih lama namun hal tersebut kembali lagi ke masing-masing individu. Terdapat juga beberapa faktor yang dapat menjadi pertimbangan sebelum membeli tabir surya.

1. Jenis Kulit

Tabir surya dapat dipilih berdasarkan jenis kulit karena setiap jenis kulit membutuhkan kandungan yang berbeda-beda.

  • Kulit kering

Untuk pemilik kulit wajah kering disarankan untuk memilih tabir surya yang memiliki kandungan yang dapat melembapkan kulit biasanya berbentuk krim atau lotion. Pilih yang mengandung bahan dasar minyak, dimethicone, atau lanolin.

  • Kulit berminyak

kulit berminyak biasanya menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat. Penggunaan tabir surya juga dianggap dapat membuat kulit menjadi semakin berminyak sehingga banyak yang malas menggunakan tabir surya. Untuk mengakali hal tersebut, gunakan tabir surya berbahan dasar air dengan bentuk gel.

  • Kulit sensitif

Pemilik kulit sensitif memang harus lebih berhati-hati dalam memilih tabir surya. Sebaiknya untuk menghindari tabir surya yang mengandung bahan pengawet yang berbahaya, alkohol, dan parfum. Hindari juga tabir surya berbahan PABA.

Pastikan untuk memilih tabir surya yang memiliki label aman untuk kulit sensitif namun tetap melihat kandungan bahannya. Apabila kulit anda sensitif dan berjerawat, pilih tabir surya dengan tekstur gel dan hindari tabir surya yang mengandung minyak.

  • Kulit berbulu

Kulit wajah juga memiliki bulu-bulu halus. Meski begitu, jangan takut menggunakan tabir surya. Anda bisa menggunakan tabir surya yang berbentuk gel karena tabir surya berbentuk krim bisa saja menempel pada bulu-bulu halus.

  • Kulit gelap

Orang-orang dengan kulit gelap tidak terlalu membutuhkan tabir surya dengan SPF yang tinggi. Cukup gunakan SPF 15 atau SPF 30. Pastikan untuk menghindari kandungan titanium dioksida karena dapat memberikan efek abu-abu atau whitecast pada kulit sehingga terlihat pucat. Pastikan warna tabir surya dapat membaur dengan warna kulit.

2. Aktivitas

Apabila anda lebih sering beraktivitas di dalam ruangan, tabir surya SPF 30 sudah cukup apalagi jika bekerja di ruangan ber-AC, tidak harus menggunakan tabir surya waterproof karena tidak berkeringat. Namun apabila bekerja di luar ruangan, bisa menggunakan SPF 50 dan menggunakan tabir surya waterproof karena lebih mudah berkeringat. Pastikan untuk selalu menggunakan tabir surya setiap 2 jam sekali.

3. Waktu

Tabir surya memang disarankan untuk digunakan setiap 2 jam sekali apapun aktivitas yang dilakukan agar perlindungan tetap maksimal. Namun banyak yang malas menggunakan tabir surya lagi apalagi setelah menggunakan makeup. Caranya memang harus menghapus makeup terlebih dahulu baru menggunakan tabir surya lagi. Namun agar tidak repot, bisa menggunakan tabir surya dengan bentuk spray agar lebih praktis.

Agar lebih mudah memilih jenis tabir surya yang tepat, bisa langsung mengunjungi Blibli.com. Terdapat katalog tabir surya yang lengkap dengan berbagai promo menarik yang bisa didapatkan khusus untuk pelanggan Blibli. Lindungi kulit anda setiap hari dengan rajin menggunakan tabir surya yang dapat dibeli di Blibli.com.

About the Author: Karina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *