Makanan yang Memiliki Purin Tinggi yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Asam urat tidak bisa dianggap sebagai kondisi yang fatal. Namun, asam urat yang tidak terkontrol tentu dapat menyebabkan komplikasi dan mengancam jiwa. Mengambil tindakan pencegahan untuk menghindari penyebab dan menjauhi makanan yang menyebabkan asam urat atau makanan yang memiliki purin tinggi tentu saja akan sangat bermanfaat.

Namun terlebih lagi, penderita asam urat harus tahu bagaimana cara mengontrolnya dan penyebab munculnya asam urat. Asam urat terutama merupakan produk sampingan dari purin. Purin berkontribusi terhadap tinggi rendahnya kadar asam urat dalam tubuh. Jika asupan purin tidak terkontrol, asam urat akan meningkat tajam sehingga menimbulkan penyakit. Oleh karena itu, penderita asam urat disarankan untuk membatasi atau bahkan menghindari makanan tinggi purin.

Makanan yang Memiliki Purin Tinggi
Makanan yang Memiliki Purin Tinggi

Makanan Tinggi Purin

Dapat dikatakan bahwa pengurangan purin endogen tidak mungkin. Namun, Anda dapat mengontrol kadar asam urat dengan mengurangi asupan makanan tinggi purin. Sebenarnya, produk-produk ini tidak banyak. Berikut adalah makanan kaya purin yang harus dihindari.

1. Alkohol

Minuman alkohol memang sudah diketahui tidak baik untuk kesehatan termasuk untuk penderita asam urat. Alkohol juga bisa menghambat proses tubuh dalam membuang asam urat. Tidak hanya minuman beralkohol. Penderita asam urat juga sebaiknya menghindari makanan yang bisa menjadi alkohol ketika dalam usus seperti alpukat, durian, air kelapa, dan kelapa kopyor.

2. Daging Merah

Daging merah baik itu daging kambing atau daging sapi memiliki kandungan kaya akan purin. Orang dengan asam urat harus menghindari makanan ini. Bagi orang dengan kadar asam urat normal, batasi ketat asupan purin sehingga tidak mengalami asam urat.

3. Jeroan

Orang dengan asam urat harus menghindari segala jenis organ dalam atau jeroann baik itu usus, hati, otak, lidah, ginjal dan limpa karena memiliki kandungan purin yang sangat tinggi. Ini berlaku untuk jeroan ayam, sapi, dan hewan lainnya.

4. Makanan dan Minuman Manis

Tidak hanya penderita diabetes yang sebaiknya menghindari makanan dan minuman manis. Orang dengan asam urat juga memiliki pantangan yang sama. Makanan dan minuman manis bisa meningkatkan kadar asam urat bahkan kandungan kalori yang tinggi juga dapat menyebabkan obesitas.

5. Makanan Laut

Hampir semua seafood atau makanan laut memiliki kandungan purin yang tinggi. Namun, beberapa jenis makanan laut mengandung lebih banyak purin daripada yang lain. Produk-produk tersebut yaitu scallop, teri, sarden, simping, dan herring. Namun disarankan untuk tetap membatasi konsumsi makanan laut.

6. Makanan Kaleng

Makanan kalengan seperti sarden kaleng atau daging kornet juga memiliki kandungan yang tinggi purin. Oleh karena itu, penderita asam urat harus menghindari makanan kaleng.

Asam urat bukanlah penyakit yang tidak bisa dicegah. Kadar asam urat yang terlalu tinggi juga dapat dikurangi dengan memperbaiki pola makan dan gaya hidup. Cara menghindari penyakit asam urat yaitu dengan pola hidup sehat dan pola makan seimbang.

Selain itu, konsumsilah Anlene Gold Plus setiap hari untuk mendukung kesehatan tulang, otot, dan persendian. Anlene Gold Plus adalah susu yang dapat membantu menjaga tulang, otot, dan persendian Anda tetap kuat dan sehat sehingga Anda bisa bergerak dengan lancar setiap saat.

Anlene Gold Plus memiliki kandungan tinggi kalsium, protein dan kolagen, serta mengandung 3000 mg serat makanan untuk menurunkan kolesterol, 525 mg potasium untuk menjaga tekanan darah dan tanpa tambahan gula. Hindari makanan yang memiliki purin tinggi dan minum Anlene Gold Plus rutin untuk hasil yang optimal.

About the Author: Karina

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *