Profesi Akuntan: Apa Saja Jenis-Jenisnya?

Profesi akuntan merupakan salah satu bidang pekerjaan yang didambakan. Seseorang harus menyelesaikan pendidikan dan mendapatkan gelar dalam jurusan ekonomi akuntansi untuk menjadi seorang akuntan. Suatu instansi atau perusahaan akan mempercayakan arus keuangannya kepada akuntan. Oleh karena itu, banyak perusahaan membutuhkan Jasa Akuntan yang berpengalaman. Profesi akuntan sendiri terdiri dari beberapa jenis, antara lain :

Jasa Akuntan
Profesi Akuntan

4 Jenis Profesi Akuntan di Indonesia

Berikut macam-macam akuntan sesuai bidang kerjanya:

  1. Akuntansi Publik

Jenis profesi akuntan pertama adalah akuntan publik. Pekerjaan ini bersifat independen dan memberikan kebebasan akuntan untuk tidak terikat kontrak oleh perusahaan manapun. Namun, seseorang dalam dalam bidang spesifikasi akuntansi publik harus memegang izin.

Surat izin ini hanya bisa diberikan dari Menteri Keuangan Indonesia. Selain itu, seorang akuntan publik diwajibkan untuk menjadi anggota Institut Akuntan Publik yang ada di Indonesia. Jadi, semua tidak bisa sembarangan dan tetap dipantau.

  1. Akuntansi Internal Perusahaan atau Lembaga

Jenis profesi akuntan kedua adalah seseorang yang mengurus keuangan dari perusahaan atau suatu lembaga. Akuntan dalam spesifikasi ini memiliki keterikatan dan wajib menangani urusan keuangan di dalam lingkungan kerja suatu perusahaan atau lembaga.

Apa saja kewajiban-kewajiban seorang akuntan internal? Mereka perlu mencatat keluar masuknya uang perusahaan dan menyusun laporan tentang segalanya yang berhubungan tentang keuangan.

Selain itu, pekerjaan ini mewajibkan untuk mengurus segala sesuatu tentang pajak dan auditing. Intinya, akuntan internal menangani keseluruhan tentang masalah keuangan di dalam perusahaan demi kelancaran bisnis pada masa sekarang dan masa yang akan datang.

  1. Akuntansi di Pemerintahan

Jenis profesi akuntan ketiga adalah akuntan yang bekerja di instansi pemerintahan. Pekerjaan ini memberikan kesempatan kepada angkutan untuk membantu keseluruhan masalah keuangan di dalam lembaga pemerintahan dimana akuntan bekerja.

Jika akuntan bekerja untuk lembaga perpajakan pembangunan, maka akuntan akan menangani spesifikasi itu. Apa sajakah kewajiban akuntan pemerintahan? Umumnya pekerjaan akuntan tidak terlalu berbeda, yaitu melakukan audit, mencatat segala sesuatu, dan bahkan menulis laporan.

Namun, setiap instansi pemerintahan mempunyai cara dan aturan kerja masing-masing.

  1. Akuntan Pendidik

Profesi akuntan terakhir adalah akuntan pendidik. Pekerjaan ini serupa dengan guru. Mereka akan mengajar segala pengetahuan tentang akuntansi di universitas maupun di tingkat sekolah menengah atas.

Selain itu, seorang akuntan pendidik bisa melakukan penelitian khusus terhadap suatu masalah atau topik tertentu demi pengembangan bidang akuntansi di masa depan, apalagi zaman sudah berubah.

Apa yang menjadi keuntungan dari jenis akuntansi pendidikan? Akuntan pendidik mungkin lebih mempunyai jam bekerja lebih fleksibel untuk seseorang yang menjadi dosen lepas. Selain itu, akuntan pendidikan adalah pekerjaan mulia. Mereka melayani publik dan berkontribusi untuk kemajuan bidang akuntansi di Indonesia.

Apakah Anda Tertarik Dengan Profesi Akuntan? 

Profesi akuntan ternyata mempunyai banyak spesifikasi. Saat ini akuntan menjadi profesi favorit yang diidam-idamkan oleh anak muda. Selain itu, profesi ini juga memiliki lapangan pekerjaan yang sangat luas. Apakah Anda tertarik menjadi seorang Akuntan?

About the Author: Karina

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *