Tak Perlu Ke Bengkel, Begini Cara Mudah Membersihkan Plafon Mobil Sendiri

Kenyamanan menjadi salah satu hal penting selama berkendara. Hal tersebut menjadi pertimbangan orang memilih untuk menggunakan mobil pribadi dibandingkan dengan transportasi umum. Tentu saja kenyamanan ini berasal dari tepatnya pemilihan oli mesin idemitsu untuk mobil supaya mesin mobil terlumasi dengan baik sehingga perjalanan menjadi aman dan mesin awet. Selain pemilihan, tentu saja Anda perlu melakukan pengecekan dan pergantian oli mesin mobil secara rutin. Bahkan dalam pengecekan ini, Anda juga perlu melakukan pengecekan untuk setiap bagian mobil agar aman, Setelah permasalah oli mobil dan mesin mobil, kenyaman dalam berkendaraan juga terpegaruh dari kebersihan interior dalam mobil. Sayangnya, kebersihan plafon atau langit-langit mobil seringkali terabaikan. Padahal tanpa disadari, ketika Anda membuka kaca mobil, otomatis plafon akan terkena debu dari luar kaca. Kelalaian seperti ini dapat berdampak buruk pada keadaan plafon mobil, khususnya yang terbuat dari bahan sensitif seperti fabric berserat.

Membersihkan Plafon Mobil
Membersihkan Plafon Mobil

Jika Anda termasuk yang sering bepergian dengan mobil, Anda harus sering-sering membersihkan plafon mobil. Jika dibiarkan kotor terus menerus, lama-lama plafon akan terlihat kusam dan tidak enak dipandang. Nah, supaya plafon terlihat seperti baru, Anda bisa membersihkannya sendiri, lho, simak langkah-langkahnya di bawah ini, ya

Menggunakan Lap Microfiber

Cara pertama, Anda bisa menggunakan lap microfiber untuk mengangkat debu dan kotoran di plafon mobil Anda. Gunakan lap microfiber dalam keadaan kering, jangan sampai Anda menggunakannya dalam keadaan basah, ya! Caranya seka kotoran dan debu searah dengan kain, lakukan beberapa kali hingga dirasa debu yang ada sudah hilang.

Menggunakan Cairan Pembersih Kain

Cara lainnya Anda bisa menambahkan cairan pembersih saat membersihkan plafon mobil. Saat ini, sudah banyak produk pembersih jok atau cairan pembersih khusus kain untuk membersihkan interior mobil. Kedua produk ini digunakan secara khusus untuk membersihkan plafon mobil yang efektif. Cara penggunaannya pun mudah, cukup semprotkan cairan ke seluruh permukaan plafon. Kemudian seka secara perlahan menggunakan lap microfiber untuk membersihkannya.

Bisa Dengan Air dan Cuka

Jika Anda tidak mempunyai produk cairan pembersih khusus, Anda bisa menggunakan cairan alternatif menggunakan cuka dan air. Biasanya, campuran ini digunakan untuk menghilangkan minyak yang sudah menempel ke plafon. Cara proses pembuatannya dengan mencampurkan air dan cuka, dengan perbandingan 3 untuk air dan 1 untuk cuka. Aduk rata. Jika sudah tercampur semua, celupkan lap microfiber ke dalam cairan tersebut lalu seka noda minyak di plafon. Cairan ini cukup efektif untuk membersihkan karena tidak akan merusak lem yang merekatkan kain ke plafon mobil.

Sesekali Gunakan Vacuum Cleaner

Anda juga bisa menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan mobil, dengan catatan Anda harus mengatur daya serapnya menjadi yang paling ringan. Penggunaan dengan daya serap tinggi justru merusak plafon dan menjadi tidak bagus.

Meski terlihat rumit, namun membersihkan plafon mobil tidak sesulit yang dibayangkan, kok. Lebih baik merawat daripada memperbaiki, bukan? Jadi, cara mana yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan plafon mobil Anda?

About the Author: Karina

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *